=====>
PENDAHULUAN
BAB 2
PENGETAHUAN
UMUM
Agar
kegiatan belajar kita menjadi mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui
dan pahami terlebih dahulu.
1. Huruf Hijaiyyah (اَلْحُرُوْفُ
الْهِجَائِيَّةُ) ada 29, yaitu:
ﺍ ﺏ ﺕ ﺙ ﺝ ﺡ ﺥ ﺩ ﺫ ﺭ ﺯ ﺱ ﺵ ﺹ ﺽ ﻁ ﻅ ﻉ
ﻍ ﻑ ﻕ ﻙ ﻝ ﻡ ﻥ ﻭ ﻫ ﺀ ﻱ
|
2. Sebuah kata yang
diawali alif-lam (ﺍﻝ)
tidak boleh ditanwin. Sebab, ALIF-LAM dan TANWIN TIDAK BOLEH bergabung dalam
satu kata. Jika dalam satu kata sudah terdapat alif-lam, maka kata itu
tidak boleh ditanwin. Begitupun sebaliknya.
SALAH
|
BENAR
|
BENAR
|
ﺍَﻟْﻤَﺴْﺠِﺪٌ
|
ﻣَﺴْﺠِﺪٌ
|
ﺍَﻟْﻤَﺴْﺠِﺪُ
|
ﺍَﻟْﻜِﺘَﺎﺏٌ
|
ﻛِﺘَﺎﺏٌ
|
ﺍَﻟْﻜِﺘَﺎﺏُ
|
Lalu, apa bedanya
kata yang beralif-lam dengan yang tidak?
Akan datang penjelasannya nanti insya Alloh.
3. Apabila alif-lam (ﺍﻝ)
dirangkaikan dengan HURUF-HURUF QOMARIYYAH, maka cara membacanya seperti
membaca kata “Al-Qomar (ﺍَﻟْﻘَﻤَﺮُ)”, yaitu dengan MENSUKUNKAN
huruf lam-nya.
Huruf qomariyyah ada 14, yaitu:
ﺃ
ﺏ ﺝ ﺡ
ﺥ ﻉ ﻍ
ﻑ ﻕ ﻙ
ﻡ ﻫ ﻭ ﻱ
|
Contoh:
Kelas
|
اَلْفَصْلُ
|
Yang pertama
|
اَلْأَوَّلُ
|
Bulan
|
اَلْقَمَرُ
|
Rumah
|
اَلْبَيْتُ
|
Kursi
|
اَلْكُرْسِيُّ
|
Yang cantik
|
اَلْجَمِيْلَةُ
|
Majalah
|
اَلْمَجَلَّةُ
|
Cerita
|
اَلْحِكَايَةُ
|
Petunjuk
|
اَلْهِدَايَةُ
|
Kebaikan
|
اَلْخَيْرُ
|
Wasiat
|
اَلْوَصِيَّةُ
|
Ilmu
|
اَلْعِلْمُ
|
Keyakinan
|
اَلْيَقِيْنُ
|
Yang ghaib
|
اَلْغَيْبُ
|
Alif-lam (ﺍﻝ)
yang bertemu dengan ke-14 huruf di atas disebut ALIF-LAM
AL-QOMARIYYAH (اَلْقَمَرِيَّةُ).
CARA MENGHAFALNYA ialah dengan
menghafal UNGKAPAN berikut:
أَبْغِ حَجَّكَ وَ خَفْ عَقِيْمَهْ
|
4. Namun, apabila sebuah kata diawali oleh SELAIN ke-14 huruf di atas
(ditambah alif), yaitu:
ﺕ ﺙ ﺩ ﺫ ﺭ ﺯ ﺱ ﺵ ﺹ ﺽ ﻁ ﻅ ﻝ ﻥ
|
Ketika diberi
alif-lam (ﺍﻝ)
di awalnya, maka huruf lam (ﻝ)
tidak dibaca, kemudian ke-14
huruf ini diberi tasydid ( ّ ).
Matahari
|
اَلشَّمْسُ
|
Taubat
|
اَلتَّوْبَةُ
|
Shalat
|
اَلصَّلَاةُ
|
Tiga
|
الثَّلَاثَةُ
|
Kesesatan
|
اَلضَّلَالَةُ
|
Toko
|
الدُّكَّانُ
|
Dokter
|
اَلطَّبِيْبُ
|
Dzikir
|
اَلذِّكْرُ
|
Zalim
|
اَلظَّالِمُ
|
Kepala
|
اَلرَّأْسُ
|
Malam
|
اَللَّيْلُ
|
Berkunjung
|
اَلزِّيَارَةُ
|
Nikmat
|
اَلنِّعْمَةُ
|
Langit
|
اَلسَّمَاءُ
|
Ke-14 huruf di atas disebut huruf-huruf
syamsiyyah. Kemudian, alif-lam yang bertemu dengan ke-14 huruf ini disebut ALIF-LAM
ASY-SYAMSIYYAH (اَلشَّمْسِيَّةُ ). Sebab alif-lam (ﺍﻝ
) dibacanya sama seperti membaca asy-syams (اَلشَّمْسُ),
yaitu dengan tidak membaca huruf lam-nya. Jadi huruf lam dianggap tidak ada.
5. Apabila ada kata yang berawalan alif-lam (ﺍﻝ
) dibaca sendirian (tidak dibaca bersambung dengan kata sebelumnya), maka cara
membacanya adalah dengan memfathahkan huruf alif (Perhatikan contoh di atas).
Namun, jika dibaca
bersambung dengan kata sebelumnya, maka huruf alif tidak dibaca (dianggap tidak
ada). Adapun huruf lam (ﻝ
) mengikuti ketentuan nomor 3 dan 4 di atas.
ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮُ
|
ﺍَﻟْﻘَﻤَﺮُ
|
وَالشَّمْسُ
|
اَلشَّمْسُ
|
6. Huruf “ﻝِ”
(arti: untuk) jika bergabung dengan kata yang beralif-lam, maka huruf alif yang
ada di awal kata itu dibuang. Contoh:
لِلّه
|
ﻝِ +
الله
|
ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ
|
ﻝِ + ﺍَﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ
|
7.
Huruf ta (ﺕ)
ada dua bentuk: (1) TA MAFTUHAH (اَلتَّاءُ الْمَفْتُوْحَةُ)
dan (2) TA MARBUTHOH
(اَلتَّاءُ الْمَرْبُوْطَةُ).
Ta maftuhah (ﺕ)
artinya adalah ta yang terbuka, sedangkan ta marbuthoh (ﺓ)
artinya adalah ta yang terikat/tertutup. Contoh:
ﻣِﻤْﺴَﺤَﺔٌ
|
سَبُّوْرَةٌ
|
ﺻَﻮْﺕٌ
|
ﻣَﻮْﺕٌ
|
Penghapus
|
Papan
tulis
|
Suara
|
Kematian
|
8.
UMUMNYA, sebuah kata yang berharokat
akhir fathatain (ﹱ), ditambahkan huruf
alif (ﺍ)
di akhirnya. Contoh:
ﺯَﻳْﺪًﺍ
|
ﺯَﻳْﺪٌ
|
ﻗَﻠَﻤًﺎ
|
ﻗَﻠَﻢٌ
|
ﻛِﺘَﺎﺑًﺎ
|
ﻛِﺘَﺎﺏٌ
|
Zaid
|
Zaid
|
Pena
|
Pena
|
Buku
|
Buku
|
KECUALI untuk kata
yang berakhiran ta marbuthoh (ﺓ)
dan berakhiran hamzah (ء), tidak diberi alif di akhir katanya. Contoh:
نِسَاءً
|
نِسَاءٌ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔً
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ
|
Para wanita
|
Para wanita
|
Sekolah
|
Sekolah
|
سَمَاءً
|
سَمَاءٌ
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔً
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ
|
Langit
|
Langit
|
Perpustakaan
|
Perpustakaan
|
9.
Sebuah kata yang berakhiran ta marbuthoh
(ﺓ),
apabila bersambung dengan kata lain secara langsung (menempel), maka huruf ta
marbuthoh berubah menjadi ta maftuhah. Sebab ta marbuthoh posisinya hanya ada
di akhir kata. Contoh:
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺘُﻚَ
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ + ﻙَ
|
Perpustakaanmu
|
Kamu + Perpustakaan
|
مَدْرَسَتُهُ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ + هُ
|
Sekolahnya
|
Dia + Sekolah
|
Namun, jika tidak bersambung secara langsung
(menempel), maka tidak berubah. Contoh:
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔُ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳْﻨَﺔِ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔُ ﺍﻟْﻘَﺮْﻳَﺔِ
|
Perpustakaan
kota
|
Sekolah
desa
|
LATIHAN:
1.
BACALAH kata-kata berikut ini dengan harokat yang benar!
ﺍﻟﻮَﻟَﺪُ
|
Anak
|
الأَرْضُ
|
Bumi
|
ﺍﻟﺘِﻠْﻤِﻴْﺬُ
|
Murid
|
ﺍﻟﻨَﺎﻓِﺬَﺓُ
|
Jendela
|
ﺍﻟﺰُﺟَﺎﺟَﺔُ
|
Kaca
|
ﺍﻟﻈَﺎﻟِﻢُ
|
Orang
yang zhalim
|
ﺍﻟﻐُﺮْﻓَﺔُ
|
Kamar
|
ﺍﻟﺠَﻤَﻞُ
|
Onta
|
ﺍﻟﻠِﺴَﺎﻥُ
|
Lidah
|
ﺍﻟﻤَﺪِﻳْﻨَﺔُ
|
Kota
|
2.
Ubahlah harokat akhir kata-kata berikut ini menjadi fathatain!
عَلِيٌّ
|
Si
Ali
|
ﻣَﺴْﺠِﺪٌ
|
Masjid
|
ﻗَﺎﺭُﻭْﺭَﺓٌ
|
Botol
|
خَطَأٌ
|
Salah
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ
|
Perpustakaan
|
دَاءٌ
|
Penyakit
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ
|
Sekolah
|
جَزَاءٌ
|
Balasan
|
ﺳَﺮِﻳْﺮٌ
|
Tempat
tidur
|
ﻋَﺎﻟَﻢٌ
|
Alam
|
ﺑَﻴْﺖٌ
|
Rumah
|
دَوَاءٌ
|
Obat
|
سَوَاءٌ
|
Sama
|
جَوَّالٌ
|
HP
|
مُحَمَّدٌ
|
Si
Muhammad
|
3.
Masukkan alif-lam “ﺍﻝ”
ke dalam kata-kata berikut!
ﻣِﻨْﺪِﻳْﻞٌ
|
Sapu
tangan
|
مُدَرِّسَةٌ
|
Guru
wanita
|
ﻣِﻔْﺘَﺎﺡٌ
|
Kunci
|
ﺷَﻮْﻛَﺔٌ
|
Garpu
|
ﻛُﺮْﺳِﻲٌّ
|
Kursi
|
ﻣِﻠْﻌَﻘَﺔٌ
|
Sendok
|
ﻧَﺠْﻢٌ
|
Bintang
|
ﺩَلْوٌ
|
Timba
|
ﻗَﻤِﻴْﺺٌ
|
Kemeja
|
دَرَّاجَةٌ
|
Sepeda
|
4. HAFALKAN
semua KOSA KATA di ATAS! BACALAH BERULANG-ULANG ! (Minimal 10X)
============>
SUMBER
Buku "PANDUAN BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK ORANG AWAM" hal. 10-14.
(Dapatkan bukunya DI SINI)
-----oOo-----
MASIH ADA YANG BELUM JELAS ?
Silakan ajukan PERTANYAAN lewat kolom KOMENTAR yang ada di bawah ini...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar